Jumat, 12 September 2008

27 Agustus 08 Fenomena Halo Menjadi Tontonan Warga


Fenomena alam yang cukup langka terjadi di Batam. Dimana matahari seolah dikelilingi oleh pelangi yang berbentuk cincin. Kejadian yang terjadi sekitar pukul 12.00 siang, Selasa (26/8) itu mengundang perhatian warga Batam.
"Subhanallah, kok bisa ya, biasanyakan pelangi jauh dari matahari, tetapi ini dekat dengan matahari, malah berbentuk cincin," ujar salah satu warga yang ditemui Sijori Mandiri saat melihat kejadian tersebut.
Sejumlah masyarakat mengait-kaitkan hal ini dengan kejadian yang terjadi belakangan ini di Batam, dimana lebih dari sepekan Kota Batam terus diguyur hujan.
Berdasarkan penelusuran Sijori Mandiri di Wikipedia, kejadian semacam ini kerap terjadi di daerah yang dihinggapi empat, musim, dan salah satunya musim tersebut adalah musim salju (dingin). Dan kejadian ini tergolong langka jika terjadi di daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa seperti Indonesia
Fenomena alam ini disebabkan oleh awan cirus yang terdiri dari butir es dan air yang cukup tebal lantas mendapat sinar ultraviolet. Kemudian muncul pembiasan, sehingga terbentuk cincin yang berwarna-warni. Kejadian ini cukup langka didaerah tropis, seperti Indonesia, khususnya Batam. Berbeda dengan daerah Eropa, yang mana kejadian ini menjadi suatu hal yang biasa, karena dalam seminggu bisa terjadi dua kali.(sm/an)

Tidak ada komentar: