Jumat, 12 Desember 2008

08 Oktober 08 Hari ini Aktivitas Belajar-mengajar Dimulai

-Disdik Siapkan Tim Penyidak Kehadiran Guru

SEKUPANG- Sesuai surat edaran dari walikota Batam, hari ini aktivitas belajar mengajar akan dimulai. Untuk merazia guru yang absen pada hari pertama, Dinas Pendidikan Kota Batam telah menyiapkan tim untuk menyidak kehadiran guru ini.

Demikian diungkapkan Kadis Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin kepada Sijori Mandiri, Selasa (7/10).

"Sesuai himbauan walikota Batam, seluruh PNS harus masuk di hari pertama kerja usai lebaran, kalau untuk guru harus masuk di hari pertama sekolah, tidak boleh absen. Jika kedapatan tidak masuk tanpa keterangan, akan kita beri teguran secara tertulis," ujar Muslim menerangkan.

Untuk penyidakan terhadap guru yang melanggar kedisiplinan tersebut, Dinas Pendidikan telah menyiapkan tim, yang terdiri dari 22 orang pengawas sekolah, dan 50 orang staff Dinas Pendidikan. Khusus untuk sekolah yang berada di hinterland, menurut Muslim tidak akan disidak secara keseluruhan, melainkan dengan menggunakan sistim sampling. Namun melalui pengurus sekolah akan tetap diminta absensinya.

Ia juga menjelaskan, jika ada guru yang tidak masuk hingga Sabtu mendatang, alias baru masuk mengajar pada hari Senin (13/10), maka akan diberi peringatan keras.

"Kalau itu kejadian maka akan kita beri peringatan keras, tapi saya yakin tidak akan ada yang seperti itu," ujarnya.

Sementara, untuk siswa yang tidak hadir di hari pertama sekolah juga akan mendapatkan teguran dari sekolah yang bersangkutan. Namun untuk jenis tegurannya itu ditentukan oleh sekolah yang berkenaan.

Diperkirakan, dihari pertama sekolah ini, ia menyebutkan siswa tidak akan berlajar full. Bahkan mungkin ada beberapa sekolah yang kegiatan dihari pertama sekolah adalah kegiatan halal bi halal dan kegiatan bersih-bersih sekolah.

"Besok (hari ini, red) sebagian sekolah sudah mulai belajar, tetapi ada juga yang usai halal bi halal lansung bersih-bersih. Lusa (esok,red) mungkin baru belajar full," ujar Muslim menandaskan. (sm/an)

Tidak ada komentar: