Jumat, 12 Desember 2008

31 Oktober 08 DCT Se Kepri 3.178 Orang

-Berkurang 68 Orang dari DCS

BATAM- Daftar Calon Tetap (DCT) di Provinsi Kepri di putuskan sebanyak 3178 orang. Jumlah ini berkurang sebanyak 68 orang dari total Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan pada akhir September lalu yang mencapai 3.246 orang calon.

Dari total keseluruhan tersebut, jumlah DCT tertinggi tetap berada di Batam, yakni 866 orang. Jumlah ini berkurang sebanyak 13 orang dari DCS yakni 879 orang. Kekurangan tersebut terjadi dikarenakan kandidat yang bersangkutan telah mengundurkan diri melalui partai politik yang bersangkutan.

Sebelumnya, dalam komferensi pers yang digelar oleh KPU Kota Batam pada tanggal 24 September lalu, terdapat sebanyak 894 DCS di Batam. Namun setelah dilakukan pengecekan ulang, hanya terdapat 879 orang kandidat.

"Setelah kita cek lagi, ternyata jumah DCS kemaren hanyalah 879 orang, dan setelah mengundurkan diri 13 orang, kini DCT tinggal 866 orang," ujar Pokja Pencalonan DPRD Kota Batam M. Zaenuddin kepada Sijori Mandiri tadi malam.

Urutan jumlah DCT tertinggi kedua berada di DPRD Provinsi Kepri, yakni 561 kandidat. Jumlah ini berkurang 11 kandidat dari 572 DCS. Urutan ke tiga tertinggi berada Kabupaten Karimun, yakni 458 orang. Jumlah ini berkurang 10 orang dari 468 DCS.

Urutan ke empat dipegang oleh Kota Tanjung Pinang, sebanyak 428 DCT. Jumlah ini juga mengalami penurunan sebanyak 10 orang dari 438 DCS. Posisi ke lima di pegang oleh Kabupaten Bintan dengan jumlah DCT 319 orang. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 8 calon dari 327 DCS.

Urutan jumah DCT ke enam berada di Kabupaten Natuna, sebanyak 299 orang. Jumlah ini mengalami penurunan tertinggi dari jumlah kandidat yang mengundurkan diri se Kepri, yakni 16 orang. Sebelumnya jumlah DCS Kabupaten Natuna sebanyak 315 orang, kemudian yang masuk kedalam DCT hanya 299 orang.

Urutan paling sedikit dipegang oleh Kabupaten Lingga, yakni 247 calon. Jumlah ini tidak mengalami perubahan dari jumlah DCS yang pernah diumumkan sebelumnya.

Pokja Pencalonan DPRD Provinsi Kepri Tibrani menyebutkan, nama-nama kandidat tersebut bisa di lihat di Sijori Mandiri terbitan hari ini. Khusus untuk DPT DPRD Provinsi Kepri, juga bisa di lihat Batam Televisi dari tanggal 31 Oktober hingga 4 November mendatang.

"Jika terjadi kesalahan dalam pengumuman DCT di media, masyarakat bisa kroscek lansung ke KPU masing-masing mulai hari ini hingga 9 April mendatang," ujar Tibrani.

Ia juga menyebutkan, dengan diumumkannya DCT tersebut, jika masyarakat memiliki informasi atau tanggapan tentang caleg, maka bisa melaporkannya lansung kepada panwas di masing-masing daerah.

Sementara untuk uji public sendiri, masyarakat sudah bisa melakukannya sejak DCT diumumkan hingga berakhirnya masa jabatan DPRD terpilih nanti, yakni pada tahun 2014 mendatang.(sm/an)

Tidak ada komentar: