Jumat, 12 Desember 2008

10 Oktober 08 Sambut Hari Sumpah Pemuda, Kanpora Gelar Perlombaan

-Lomba Karya Tulis Ilmiah Diperpanjang Hingga 23 Oktober

SEKUPANG- Dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda ke 80 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2008 mendatang, Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam mengadakan sejumlah kegiatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda yang merupakan pelopor pembangunan dan sebagai generasi penerus bangsa. Sebagian kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Maret 2008 lalu.

"Sejumlah kegiatan itu sudah kita laksanakan sejak Maret lalu, dan sampai sekarang masih berlansung, puncaknya nanti pada upacara peringatan Sumpah Pemuda di lapangan Engku Putri," ujar Kepala Kanpora Kota Batam Jefriden kepada wartawan.

Disebutkannya, kegiatan yang telah berlansung adalah Panggung Pemuda, seperti Parade Band yang terbagi dalam dua kategori, yakni pelajar dan umum, dancer, dan lomba karaoke pop yeye (lagu-lagu lama). Lomba ini sudah menyisihkan masing masing 30 peserta dari seluruh Kota Batam dan akan kembali bertanding pada 25-26 Oktober mendatang.

Selain itu, Kanpora juga mengadakan Lomba Karya Tulis Pemuda untuk kalangan umum dan pelajar. Naskah yang tadinya di terima paling lambat tanggal 03 Oktober, diperpanjang hingga 23 Oktober mendatang. Hal ini dengan tujuan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Batam untuk berkarya.

Kanpora menyediakan empat subtema untuk lomba ini, yakni peran pemuda dalam menciptakan Kota Batam yang kondusif, peran pemuda dalam mewujudkan Kota Batam bersih, hijau dan asri, peran pemuda dalam mewujudkan visi Kota Batam sebagai bandar dunia madani dan lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, dan tanggung jawab pemuda dalam mewujudkan generasi yang memiliki intelektual, bermoral, dan religius.

Selain itu, dalam waktu dekat Kanpora akan melaksanakan even lainnya di bidang keolahragaan. Namun hingga saat ini panitia belum bisa memutuskan kegiatan apa yang akan digelar.

"Kita memiliki beberapa option untuk kegiatan olahraga ini, diantaranya lari 10 K, Karate, atau lintas alam. Tetapi hingga saat ini belum ada keputusan, karena ke tiga-tiganya jika dilaksanakan harus melibatkan keorganisasian di luar Kanpora, dan hingga saat ini organisasi yang bersangkutan belum bisa diajak duduk bersama karena kesibukannya. Tetapi dalam minggu ini akan segera kita putuskan," ujar pria yang kerap disapa Bung Jef ini. (sm/an)

Tidak ada komentar: