Jumat, 12 Desember 2008

11 Oktober 08 Pelaku Industri Pariwista Sepakat Sukseskan Visit Batam 2010

-Tandatangani Panca Deklarasi Untuk Kemajuan Pariwisata Batam

SEKUPANG- Asosiasi parwisata Batam semakin mantap untuk meningkatkan dan mendorong percepatan perkembangan industri sebagai pilar utama pembangunan ekonomi daerah. Kemantapan itu ditandai dengan penandatanganan panca deklarasi yang dilakukan di hadapan Assisten II Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam Syamsul Bahrum di KTM Resort Sekuang, Jum'at (10/10)

Asosiasi pariwisata yang telah menandatangani panca deklarasi tersebut adalah Perhimpunan Hotel dan Restoran Iindonesia (PHRI) BPC Batam, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA) Batam, Asosiasi Kongres dan Konens Indonesia (AKKINDO/INCCA) DPD Batam dan Asosiasi Jasa Hiburan Barelang (AJAHIB). Isi dari panca deklarasi tersebut adalah memiliki satu pandangan dan derap langkah untuk memajukan pariwsata Batam, mendukung sepenuhnya program Visit Indonesia Year 2008, dan Visit Batam Year 2010, meningkatkan kualitas sumber daya insan pariwisata, mengembangkan dan meningkatkan industri pariwisata yang berkelanjutan, mitra aktif pemerintah dalam menentukan arah kebijaka pariwisata.

Dalam sambutannya, Syamsul Bachrun mengatakan pihaknya sangat menyambut baik deklarasi ini. Menurutnya, dengan adanya deklarasi ini, para pelaku usaha pariwisata telah ikut ambil bagian dalam melaksanakan program Visit Indonesia Year dan juga terutama untuk mendukung Visit Batam 2010.

"Semua itu akan tercapai apabila para pelaku pariwisata dan juga Pemko Batam saling bersinergi memajukan pariwisata Batam. Dan harapan kita, dengan deklarasi ini kita dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Batam," ujarnya.

Senada dengan Syamsul Bahrum, Ketua ASITA Batam-Kepri, Kadek Sutraini mengatakan dekalrasi ini merupakan suatu langkah awal untuk memajaukan pariwisata di Kota Batam dan Kepri. Menurutnya, dengan majunya pariwisata, yang diuntungkan bukan hanya pelaku pariwisata saja tetapi juga masyarakat.

"Kalau Pariwisata maju, itu akan meningkatkan pendapatan daerah melalui devisa. Dan dengan sendirinya akan dapat mengangkat ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ketua Batam Tourisme Promotion Board (BPTB) Batam, Rahman Usman didampingi Kadis Pariwisata Kota Batam Raja Muchsin kepada Sijori Mandiri menyebutkan, dalam waktu dekat ini dalam rangka meningkatkan pariwisata Kota Batam, diadakan sejumlah acara tingkat nasional maupun international di Batam, seperti festifal masakan Padang dan Jawa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, Perayaan Devawali dan Batam Music Performance. Sedangkan untuk pariwisata MICE terdapat pertemuan Ikatan Sekretaris Indonesia dan pertemuan perawat Singapura yang juga akan berlansung pada bulan Noember mendatang. (sm/an)

Tidak ada komentar: