Jumat, 12 Desember 2008

09 Oktober 08 17 Partai Penuhi Kuota Perempuan Perdapil

SEKUPANG- Sebanyak 17 partai dari 38 partai memenuhi kuota perempuan setiap dapil di nomer urut jadi di Kota Batam. Sementara Satu Partai tak memiliki keterwakilan perempuan di kandidatnya, yakni Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) yang hanya memiliki 6 calon yang tersebar di semua dapil.

Ketua Pokja Pencalonan DPRD Kota Batam Zaenuddin kepada wartawan menyebutkan, untuk keterwakilan perempuan di parpol berdasarkan dapil memang sangat minim.

"Keterwakilan perempuan perdapil sangat minim, tetapi kalau secara komulatif lebih dari separoh partai yang memenuhi kuota perempuan, yakni 21 parpol, kalau perdapil, banyak yang tak memenuhi," ujar Zaenuddin menyebutkan.

Dari data yang dimiliki Sijori Mandiri, partai yang memiliki keterwakilan perempuan di setiap dapil yang berada di nomer urut jadi (1,2 dan 3) adalah Partai Hanura, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Peduli Rakyat Nasional(PPRN), Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI Marhaenisme), Partai Karya Perjuangan (PKP), Partai Matahari Bangsa (PMB), Pelopor, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Damai Sejahtera (PDS), PNBK, Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Patriot.

Sementara itu, partai yang memiliki keterwakilan di 3 dapil saja adalah
Partai Barisan Nasional yang memiliki keterwakilan perempuan di dapil 1,2 dan 4, Partai Amanat Nasional di dapil 2,3 dan 4, Partai Demokrasi Pembaharuan di dapil 2,3 dan 4, Republikan di dapil 2,3 dan 4, Partai Demokrat di dapil 1,3 dan 4, PKNU di dapil 1,2 dan 4, Partai Sarikat Indonesia di dapil 2,3 dan 4, Partai Buruh di dapil 2,3 dan 4.

Partai yang memiliki keterwakilan perempuan di 2 dapil saja adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia di dapil 1 dan 4, Partai Kebangkitan Bangsa di dapil 2 dan 4, Partai Demokrasi Kebangsaan di dapil 1 dan 3, PDIP di dapil 1 dan 2, PKDI di dapil 3 dan 4, dan Partai Indonesia Sejahtera di dapil 2 dan 4.

Partai yang hanya memiliki keterwakilan perempuan di satu dapil saja adalah Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (dapil 4), Partai Kedaulatan (dapil 2), Partai Pesatuan Daerah (dapil 2), Partai Bulan Bintang (dapil 4), dan Partai Persatuan Nahdatul Ulama Indonesia (PPNUI) di dapil 3 yang merupakan satu-satunya dapil yang dimiliki.(sm/an)

Tidak ada komentar: