Sabtu, 08 November 2008

04 September 08 Musim Hujan, Bukaan Hangat Laris Manis

JODOH- Seminggu belakangan cuaca sangat tidak menentu di Batam. Hal ini ternyata membawa pengaruh yang sangat besar bagi pedagang musiman yang selalu hadir selama Ramadhan itu.

Sejumlah pedagang pasar kaget di kawasan Tanjung Pantun Jodoh menyebutkan cuaca sangat mempengaruhi daya jual jajanan yang mereka tawarkan. Dikala musim hujan ini, jajanan hangat seperti kolak, bubur sum-sum, bubur ketan hitam, bubur kacang ijo dan aneka penganan hangat lainnya menjadi rebutan pembeli.

Sebaliknya, aneka makanan yang sudah dingin dan sengaja didinginkan seperti air kelapa muda pakai es, es dawet, dan aneka minuman es lainnya tak begitu diminati oleh pembeli.

Oleh karena itu pedagang harus pintar-pintar memprediksi hari untuk berjualan. Seperti halnya Saidah yang mengaku sudah tujuh tahun jualan bukaan puasa di kawasan Tanjung Pantun Jodoh ini. Menurutnya, disaat cuaca panas ia akan membuat aneka makanan, mulai dari kolak, bubur sum-sum, goreng-goreng, dan aneka lauk pauk. Selain itu ia juga menyediakan minuman seperti es cendol, es rumput laut, es buah dan aneka minuman dingin lainnya.

Namun, jika hari dilihatnya sudah mulai mendung, maka ia tidak akan membuat aneka minuman dingin tersebut, karena tidak akan menguntungkannya.

"Hari hujan seperti ini yang laris itu kolak sama goreng-goreng, kalau minuman jarang, tahun lalu saya sempat merugi, tapi bisa teratasi karena saya juga menjual kolak, bubur sum-sum," ujarnya menyebutkan. (sm/an)

Tidak ada komentar: