Selasa, 18 November 2008

27 September 08 Masyarakat Diminta Aktif Memberikan Informasi ke KPU

SEKUPANG- Mulai hari ini, nama-nama dalam daftar calon legislatif sementara (DCS) diumumkan di media massa, sebagaimana amanat dari Undag-undang. Seiring dengan itu, masyarakat diminta untuk aktif memberikan informasi kepada KPU Batam bisa lebih menseleksi calon yang benar-benar bisa dijadikan figur untuk mewakili rakyat di DPRD.

"Sesuai jadwal, kita sudah lakukan tahap ferifikasi, sekarang tahapan yang kita jalankan adalah pengumuman DCS, disini kami mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi tentang kandidat yang kita umumkan, ini agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari," ujar Pokja Pencalonan DPRD M. Zaenuddin kepada wartawan, Jum'at (26/9).

Hal-hal yang bisa diinformasikan oleh masyarakat seperti kejahatan, kriminalitas, penipuan, hingga kesehatan jasmani dan rohani calon. Hal yang akan sangat mendukung dari laporan tersebut jika masyarakat yang melaporkan bisa menunjukan bukti dan memberikan laporan secara tertulis kepada KPU Batam.

"Calon kita lebih dari 900 orang, KPU tidak akan bisa menyelidiki satu persatu, makanya tujuan dari pengumuman ini agar masyarakat tahu siapa saja yang mencalonkan diri," ujar Zaenuddin lagi.

Ia menambahkan, proses pengumuman ini akan berlansung hingga tanggal 9 Oktober mendatang.

Selain itu, sebelum dilakukannya pengumuman nama DCS hari ini, KPU Batam selama dua hari sebelumnya sudah berkoordinasi dalam bentuk pemberitahuan kepada ketua atau sekretaris partai terhadap nama-nama kandidat yang tidak lolos dalam tahapan verifikasi administrasi. Selain itu, kehadiran ketua atau wakil parpol tersebut juga untuk melakukan verifikasi terhadap ejaan nama kandidat dari parpol yang berkenaan.(sm/an)

Tidak ada komentar: