Selasa, 18 November 2008

07 Oktober 08 Dua Pencopet Berhasil Diringkus Saat Operasi Ketupat

SEKUPANG- Dua orang pencopet yang kerap beroperasi di pelabuhan Beton Sekupang berhasil diringkus oleh jajaran kepolisian dalam operasi ketupat lebaran. Mereka adalah Zaidir Can dan Jon Hendrik, keduanya tertangkap tangan saat melakukan aksinya.

Kapolsek KPPP Sekupang AKP Furqon Budiman mengungkapkan para tersangka masuk dalam Kelompok Jodoh. Para tersangka sudah lama dicurigai. Karena setiap kapal Kelud sandar pelaku selalu berada di dermaga.

" Kita punya rekaman melalui handycam, setiap kapal sandar mereka selalu berada di pelabuhan," ujar Furqon.

Dari hasil rekaman tersebut, pihaknya menyimpulkan komplotan tersebut berjumlah lima orang. Dua diantaranya sudah berada di bui-kan, sementara sisanya sedang dalam pengejaran kepolisian.

Menurut Furqon, Zaidir Can ditangkap pada hari Sabtu (4/10)di Lorong Ruang Keberangkatan Pelabuhan Beton Sekupang. Saat itu tersangka sedang melakukan aksinya dengan membuka resleting tas berwarna Silver milik Okti Silvia. Modus pelaku sangat rapi dimana tersangka menutupi tangannya dengan helm dan selanjutnya membuka sleting tas milik korban. Tetapi walau telah direncanakan serapi mungkin korban tetap saja mengetahui aksi pelaku.

"Saat korban teriak anggota kita sudah di lokasi karena memang lokasi itu menjadi tempat paling rawan untuk tidak pidana penjambretan itu makanya di lorong itu kita siapkan anggota berpakian sipil," ujarnya.

Ia mengatakan langkah untuk merekam gerak gerik orang yang dicurigai melalui handycam akan terus dilakukan pihaknya. Sebelum aksi Zaidir Chan ini, beberapa hari sebelumnya kepolisian juga sudah menangkap Jon Hendrik yang juga melakukan aksi yang hampir sama saat keberangkatan penumpang di pelabuhan tersebut. Saat ini kedua tersangka sudah dilimpahkan ke Poltabes Barelang untuk penyidikan lebih lanjut. (sm/an)

Tidak ada komentar: