Sabtu, 08 November 2008

01 September 08 Azwan, Hanya Sedikit Orang Yang Peduli Kebersihan

BATAMCENTRE- Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Azwan merasa heran dengan masyarakat Batam yang berjumlah ratusan ribu jiwa, namun hanya sedikit saja yang peduli akan kebersihan. Oleh karena itu upaya peningkatan sadar kebersihan harus dilakukan, yang salah satunya adalah gotong royong massal.

"Dengan adanya gotong royong massal yang digerakkan oleh masing-masing RT dan RW di perumahan warga, diharapkan Batam akan semakin bersih," ujar Azwan.

Menurutnya, dari 100 % manusia yang menghasilkan sampah, yang peduli akan kebersihan itu sendiri tidak sampai 1 %. Hal ini menurutnya harus segera disadari oleh masyarakat dimanapun berada. Pemerintah bersyukur, karena banyak RT dan RW yang mengagendakan kegiatan gotongroyong massal di perumahanya.

"Pemerintah hanya bisa menghimbau, pelaksanaanya tetap di masyarakat, untuk itu masyarakat dituntut untuk tidak hanya menjaga kebersihan di rumahnya, melainkan juga disetiap waktu dan dimanapun keberadaanya," sebut Azwan.

Selain itu, pelaksanaan gotong royong tersebut menurut Azwan, juga merupakan sosialisasi dari UU no. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Untuk itu, kedepannya, kesadaran akan kebersihan akan terus digalakkan melalui RT dan RW setiap minggunya.

Selain kebersihan, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk menanam pohon minimal satu batang untuk tiap rumah. Karena dengan kebersihan lingkungan dan dipadukan dengan kawasan yang hijau maka akan tercipta lingkungan yang asri.

Perawatan Taman Oleh Swasta

Dalam hal penciptaan Batam hijau, pemerintah telah berupaya untuk menggandeng pengusaha di Batam untuk mewujudkannya. Ia menyebutkan, ada beberapa taman yang dikerjakan oleh swasta demi mendukung Batam hijau dan bersih dan program Batam Visit 2010.

"Ada beberapa pengusaha yang menyatakan kesiapannya untuk membangun taman di lapangan terbuka, seperti Panbill yang menanggung pengerjaan taman dari Simpang Kabil hingga depan Panbill, dan saat ini proyek itu sudah berjalan, kita harapkan akan banyak lagi pengusaha yang akan berbuat seperti itu, disamping itu pemerintah Kota dan OB juga terus berupaya untuk menjaga taman sesuai dengan dana yang kita miliki," ujarnya. (sm/an)

Tidak ada komentar: