Selasa, 18 November 2008

26 September 08 KPU Belum Temukan Penggelembungan Data Pemilih

SEKUPANG- Sebagai tindak-lanjut dari laporan beberapa ketua RW dan RT di Batam bahwa ada oknum parpol yang mengaku dari KPU Batam untuk menyisipkan sejumlah nama di RW atau RT mereka, KPU Batam segera melakukan pengecekan data pemilih tambahan. Hasilnya KPU tidak menemukan adanya penambahan data yang signifikan.

Anggota KPU Batam Ngaliman, Kamis (25/9) kepada Sijori Mandiri menyebutkan data yang diterima KPU Batam dari Dinas Kependudukan sebanyak 569.887, kemudian data yang ada di daftar pemilih sementara sebanyak 582.442, atau terjadi penambahan data sekitar 12 ribu pemilih. Jika dirata-ratakan untuk 12 kecamatan, maka setiap kecamatan terjadi penambahan sekitar 1.000 pemilih.

"Kita sudah cek data, ternyata tidak ada penambahan yang signifikan, itu berarti dugaan pemilih fiktif itu tidak terbukti, penambahan data itu kita nilai tidak signifikan," sebut Ngaliman.

Selain itu, ia menyebutkan, sebagai antisipasi adanya pemilih ganda, KPU Batam sudah menyiapkan program IT yang secara otomatis tidak bisa dilakukan pengentrian dua nama dengan data yang sama, meskipun berada di dua dapil yang berbeda.

"IT sudah kita siapkan, jika ada yang mencoba untuk memasukan namanya di dua dapil, maka itu akan sia-sia saja, karena tidak akan diterima oleh komputer kita," ujarnya.

Ngaliman juga menambahkan, hingga 27 September ini, PPS dan PPK masih menerima pendaftaran pemilih, terutama untuk parpol yang konstituennya belum terdaftar sebagai pemilih. Pada saat pemilihan nanti, meskipun telah memiliki KTP Batam, tetapi tidak terdata sebagai pemilih, maka yang bersangkutan tidak boleh memilih, dan hal tersebut sudah sesuai dengan UU Pemilu.

Ia juga menyebutkan, September ini, pendataan pemilih akan dirampungkan oleh PPK dan PPS. Karena sesuai jadwal, daftar pemilih tetap akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2008 mendatang.

"Saat ini kita sedang merekap data, karena 10 oktober 2008 mendatang data pemilih tetap akan kita umumkan," ujarnya mengakhiri. (sm/an)

Tidak ada komentar: