Selasa, 18 November 2008

27 September 08 Arus Mudik Dipelabuhan Domestik Sekupang Meningkat

SEKUPANG- Arus mudik dipelabuhan domestik sekupang, Jum'at (26/9) mulai mengalami peningkatan yang signifikan dari hari-hari sebelumnya. Diperkirakan hari ini dan esok merupakan puncak arus mudik di pelabuhan tersebut.

Dari informasi yang dihimpun Sijori Mandiri dilapangan, keberangkatan kapal ferry tujuan Dumai dan Pekanbaru dimulai sejak pukul 04.00 dini hari dan keberangkatan terakhir pada pukul 08.00 pagi. Diperkirakan total pemudik melalui pelabuhan domestik Sekupang kemaren mencapai 2.500 hingga 3000 orang. Hal ini meningkat sekitar 150 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Ketua Pelayaran Rakyat (Pelra) Batam Asmadi kepada wartawan menyebutkan, untuk tujuan pekanbaru terdapat 4 kapal, tujuan dumai 3 kapal, tujuan Palembang satu kapal, tujuan tembilahan satu kapal, sehingga total kapal jauh sebanyak 9 kapal.

"Kesemua kapal yang berangkat tadi penuh semua, tetapi memang belum terdapat desakan penumpang, kita memperkirakan itu baru akan terjadi besok (hari ini,red)," ujarnya.

Sementara untuk tujuan daerah-daerah terdekat dengan Batam seperti Tanjung Balai Karimun, Kuala Tungkal, Moro, Tanjung Batu, Selat Panjang juga terjadi peningkatan penumpang. Namun, belum seperti tujuan Pekanbaru dan Dumai.

Sebagai antisipasi ledakan penumpang di H-3 dan H-2 nanti, Pelra sudah menyiapkan sejumlah kapal sebagai ekstra trip.

"Untuk antisipasi ledakan penumpang besok kita telah siagakan kapal, begitu juga untuk yang dekat-dekat," ujarnya.

Hari ini Puncak Arus Mudik Kebelawan

Sementara itu, arus mudik menjelang lebaran tujuan Belawan Medan diperkirakan akan terjadi hari ini di pelabuhan Beton Sekupang. Sebagai mana di informasikan Manajer Usaha PT. Pelni cabang Batam kepada Sijori Mandiri, sekitar 1600 tiket sudah terjual di kounter pelni.

Meskipun begitu, PT. Pelni sudah menyiapkan sekitar 200 tiket non sit yang akan dijual di menit-menit terakhir keberangkatan di pelabuhan nantinya.(sm/an)

Tidak ada komentar: