Selasa, 18 November 2008

06 Oktober 08 RSUD Sering Kehabisan Obat dan Kebanjiran

SAGULUNG- Dua hal yang kerap terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Batam yang berada di Sagulung. Kedua hal tersebut adalah sering kehabisan obat, dan kebanjiran ketika hujan lebat.

Ironisnya, hal tersebut disaksikan sendiri oleh Walikota Batam dan sejumlah kepala dinas di lingkungan Kota Batam, yang melakukan sidak pelayanan umum pada hari Minggu (5/10).

Hujan lebat mengguyur kawasan Batu Aji dan Sagulung sejak pukul 11.00 wib, hingga pukul 11.25 hujan lebat terus mengguyur kawasan tersebut. Akibatnya sejumlah kamar di RSUD bagian belakang di masuki air yang terus mengalir tiada henti. Hal ini dikarenakan kecilnya saluran air yang tersedia di rumah sakit tersebut.

"Beginilah kalau hujan, selalu banjir," ujar petugas kebersihan kepada wartawan kemaren.

Ia menambahkan, setiap hujan, ia harus standbye dengan sapu untuk menjaga luberan air tidak banyak yang masuk ke dalam ruangan.

"Syukur saja kamar bagian bawah tidak terisi, hanya beberapa kamar di lantai dua saja yang berisi, sempat ruangan penuh semua, bertambah banyak tugas kami mbak," ujarnya.

Sementara itu, Dr Jeani Komariah yang merupakan satu-satunya dokter jaga yang dapat ditemui di RSUD kemaren menyebutkan, hal lain yang kerap terjadi disana adalah sering habisnya obat. Ia menyebutkan hal itu dikarenakan tingginya jumlah pasien yang terus berdatangan kesana.

"Kita sering kehabisan obat, selain itu dokter yang bertugas disini minim," ujar Jeani.

Jeani menambahkan, untuk dokter jaga dan dokter Emergensi kemaren hanya ada ia saja, sehingga ia harus bolak balek untuk mencek seluruh ruangan di RSUD tersebut.

"Saat ini dokter yang ada di sini hanya 7 orang, itu sudah termasuk dokter spesialis, idealnya kami membutuhkan minimal 11 dokter," ujarnya pada Walikota Batam Ahmad Dahlan.

Namun ia mengatakan jika terjadi emergensi, bisa menelpon dokter lainnya.

"Kita bersyukur meskipun kekurangan dokter, tetapi mereka tetap on call," ujar Dahlan kepada wartawan. (sm/an)

Tidak ada komentar: