Selasa, 18 November 2008

24 September 08 KPU Endus Penyisipan Nama Pemilih Fiktif Oleh Parpol

SEKUPANG- KPU Kota Batam menemukan adanya indikasi kecurangan yang dilakukan oleh partai politik peserta pemilu 2008 tentang daftar pemilih. Hal itu diketahui setelah adanya laporan oleh ketua RW kepada anggota KPU kemaren.

Anggota KPU Batam, Zeindra Yanuardi kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (23/9) mengatakan ia telah ditelpon oleh salah seorang ketua RW di Batam. Diceritakan Zeindra, ketua RW tersebut mengaku ditelpon oleh seseorang yan mengaku anggota KPU dan meminta untuk menyisipkan penambahan daftar nama pemilih ke daftar nama pemilih.

Atas kejadian ini, KPU menduga modus ini untuk menyisipkan nama pemilih fiktif ke daftar pemilih tetap.

"Modusnya partai politik membawa nama nama yang belum masuk ke daftar pemilih ke RT dan RW untuk ditandatangani, " ungkapnya.

Ia juga menambahkan setelah mendapatkan tandatangan RT dan RW selanjutnya nama-nama tersebut dibawa ke petugas PPS dan meminta agar nama-nama tersebut dimasukkan ke daftar pemilih.

" Sudah ada beberapa RT dan RW yang menghubungi kita. Modus ini sudah terjadi di kecamatan Batuaji, tujuan nya untuk menyisipkan pemilih fiktif, yang pastinya unrtuk mendongkrak perolehan suara partai tersebut," ujanya.

Zeindra juga mengatakan dalam hal ini pihaknya sudah meminta agar PPS, RT dan RW agar selektif menerima nama nama yang akan dimasukkan ke daftar pemilih.

Selain itu juga KPU bejanji akan membawa masalah ini kepihak yang berwajib. KPU kini memfokuskan untuk mencari bukti.

"Kalau partainya saya tidak bisa sebutkan,tapi kejadian ini sudah terjadi. Sebelum membawa masalah ini ke kepolisian kita terlebih dahulu harus melenghkapi bukti bukti pelanggran yang dilakukan partai tersebut, " ujarnya.(sm/an)

Tidak ada komentar: