Selasa, 18 November 2008

23 September 08 Rute Pelayaran Ferry Padat Mulai 24 September

SEKUPANG- Rute pelayaran kapal cepat (ferry) antar pulau di pelabuhan Domestik Sekupang Batam dipastikan akan padat mulai tanggal 24 September. Sebagai mana diungkapkan oleh Kanpel Sekupang Wahman kepada wartawan, Senin (22/9).

Dari data yang dimilikinya, pelayaran tujuan Palembang sejak tanggal 24-30 September akan ada setiap hari, yakni kapal Surya Gemilang. Biasanya kapal ini hanya berangkat sekali dalam seminggu ke Palembang. Ke Buton Pekanbaru akan ada dua kapal Surya Gemilang pada tanggal 27 dan 28 September.

Dari tanggal 25 September akan ada 4 kapal Dumai Express tujuan Dumai atau Bengkalis. Kemudian dari tanggal 26 tujuan Dumai akan ada dua kapal Batam Jet. Tujuan Moro mulai tanggal 24 September disediakan dua kapal yang mulai berangkat pada pukul 13.00. PT. Lestari Indoma bahari menyediakan 4 kapal ferry untuk tujuan Bengkalis dan dua untuk tujuan Button. Ke Tanjung Balai dan Selat Panjang, Kuala Tungkal terdapat tiga kapal, yakni kapal Sabang Marindo, marina Batam dan marina Baru.

Ke Tembilahan yang biasanya sehari sekali dengan kapal Agen Rahmat Jaya pada tanggal 27 September akan ada dua kali kemberangkatan, tanggal 28 September tiga kali kemberangkatan dan tanggal 30 September tiga kali keberangkatan.

Penyeberangan ke Tanjung Batu terdapat 3 kapal, yakni dua dari Marina Batam, dan satu dari Marina Srikandi. Ke pulau Burung dan Guntung satu kapal, yakni kapal Marina Batam. Ke Tanjung Balai terdapat empat kapal setiap harinya yang juga akan dibantu setiap hari Rabu dan Sabtu oleh KM Kelud.

Disebutkan Wahman, dari data tersebut terdapat keberangkatan pada pukul 04.00 dini hari, yakni Dumai Express tujuan Dumai dan Bengkalis. Oleh karena itu, pihak Kanpel Batam akan membuka pelabuhan domestik sejak pukul 12.00. Untuk keamanan, mulai tanggal 24 September tersebut, akan armada mulai dari armada keamanan, hingga armada kesehatan yang bersiaga di pelabuhan Batam. Sementara untuk petugas yang akan jaga di pelabuhan tersebut terdapat 47 orang.

"Kita memperkirakan pada malam H-3 dan H-2 akan ramai di sini (pelabuhya,red) jadi akan ada siaga penuh," sebut Wahman. (sm/an)

Tidak ada komentar: