Sabtu, 08 November 2008

15 September 08 Baru Dua Parpol Serahkan Berkas Caleg

-PKS dan PPP
SEKUPANG- Dua hari menjelang batas akhir penyerahan berkas caleg dan pergantian nomer urut caleg di KPU Batam, baru dua parpol yang menyerahkannya. Dua parpol yang telah menyerahkan berkas calegnya itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dari pantauan Sijori Mandiri di KPU Batam, Minggu (14/9) berkas caleg kedua parpol tersebut secara keseluruhan lengkap. Hanya saja untuk caleg dari PPP untuk dapil IV dengan nomer urut 8 pengganti Sukhri Farial yakni Yudi Saputra belum melengkapi berkas-berkasnya. Sesuai dengan batas akhir penyerahan tanggal 16 September, maka yang bersangkutan masih memiliki kesempatan hingga esok untuk melengkapinya.

"Semuanya sudah lengkap, kecuali yang dari PPP ini, itu karena ada pergantian orangnya, tapikan masih ada kesempatan hingga Selasa," ujar Ketua Pokja Pencalegan DPRD Kota Batam Zaenuddin disela-sela melakukan verifikasi terhadap berkas caleg yang masuk bersama Ketua KPU Batam Hendriyanto.

Dari berkas PKS yang masuk ke KPU Batam pertama kali terdapat 43 caleg, 10 caleg dari Dapil I Kecamatan Batu Ampar dan Bengkong, sembilan caleg dari Dapil II Kecamatan Lubuk Baja, Batam Centre dan Nongsa, 12 caleg dari Dapil III Kecamatan Sekupang, Batu Aji dan Belakang Padang, serta 12 caleg dari Dapil IV Kecamatan Sei Beduk, Sagulung, Galang dan Bulang.

Dari nama-nama yang terdaftar dari partai PKS ini, anggota DPRD dari PKS yang mencalonkan diri kembali dan berada di nomer urut jadi hanyalah Aris Hardi Halim di nomer urut satu untuk Dapil II, dan Amiruddin Dahad di nomer urut tiga untuk dapil I Kecamatan Batu Ampar Bengkong.

Sementara untuk anggota DPRD dari PKS yang mencalonkan kembali, tetapi berada di nomer belakang seperti Mustamin Husain yang berada di nomer urut 10 di Dapil I, Syaid Hasjim Al Attas di nomer urut tujuh dapil III.

Untuk nama-nama caleg PKS yang duduk di nomer urut jadi ini tidak mengalami perubahan, untuk dapil satu dengan nomer urut satu dipegang oleh Siti Nurlailah, kemudian di nomer dua di pegang oleh Sofyan Ashadi, dan di nomer urut tiga dipegang oleg Amiruddin Dahad. Nomer urut satu di Dapil dua diduduki oleh Aris Hardi Halim, disusul oleh Novi Fitriani, kemudian Yenny Indriati. Untuk dapil tiga dengan nomer urut satu di isi oleh ketua DPC PKS Batam Riki Indrakari, disusul oleh Prijanto, dan Syafniar. Dan untuk dapil empat nomer urut satu di pegang oleh Sukaryo, disusul Bambang Dipoyono, dan Suprapti.

Untuk keterwakilan perempuan dalam susunan caleg, dari dapil satu terdapat empat caleg perempuan, di dapil dua terdapat lima caleg perempuan, di dapil tiga terdapat empat caleg perempuan, dan didapil empat terdapat dua caleg perempuan.

Caleg PPP Tak Berubah

Sementara itu, dari data PPP, untuk nomer urut calegnya tidak banyak mengalami perubahan. Untuk dapil I nomer urut satu masih dipegang oleh Perwira, kemudian disusul Irmanda, dan Ahmad Sosiawan. Untuk dapil II nomer urut satu dipegang oleh Mazlan MZ, disusul Mustaqim dan Wahyu Diana. Sementara untuk anggota DPRD Abdul Rahman yang masuk di dapil ini mendapatkan nomer urut kelima. Di dapil tiga nomer urut satu dipegang oleh Irwansyah yang merupakan ketua DPC PPP Batam, disusul oleh Abdul Syukur, kemudian Hasanah. Dan di dapil empat nomer urut satu dipegang oleh Muchlis Jamal, disusul oleh Diana Tatik Windayati dan Agus Sriyono.

Keseluruhan caleg yang diajukan oleh PPP berjumlah 36 orang, sembilan orang dari dapil satu, tujuh orang dari dapil dua, tujuh orang dari dapil tiga dan 13 orang dari dapil empat. Untuk kuota perempuan dari pencalegan tersebut, dari dapil satu ada tiga orang caleg perempuan, dari dapil dua ada dua orang caleg perempuan, di dapil tiga ada dua caleg perempuan dan di dapil empat ada 4 caleg perempuan.(sm/an)

Tidak ada komentar: